Demi berjalannya negara yang baik dan sehat dalam artian negara yang demokrasi, terbuka dan tidak timpang sebelah. dibutuhkan pemisahan kekuasaan, yakni kekuasaan eksekutif, Legislatif dan yudikatif. pada umumnya negara-negara hukum mengatur hal ini di dalam konstitusinya. Amerika serikat contohnya.
konstitusi
menetapkan bahwa kekuasaan legislative terdapat di tangan kongres yang terdiri
dari dua kamar (bikameral) yaitu Senat dan House of Representatives. [1]
Pasal I ayat 1
Semua kekuasaan legislatif yang ditetapkan di sini
akan diberikan kepada sebuah Kongres Amerika Serikat, yang akan terdiri dari
sebuah Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat
Setiap
negara bagian diwakili oleh dua orang senat, sementara house of representatives
terdiri dari wakil tiap negara bagian sesuai dengan jumlah populasi
(proposional). Masa jabatan setiap anggota kongres house of representatives
adalah dua tahun dan setelah itu dapat dipilih kembali. Kongres mengadakan sidang
paripurna setiap tanggal 3 Januari kecuali di tetapkan tanggal tetap lainnya
berdasarkan voting.
House
of representatives mewakili rakyat dan senat, serta mwakili pemerintah negara
bagian.
Pasal 1Ayat 2
Dewan Perwakilan Rakyat akan terdiri dari para anggota
yang dipilih setiap Tahun kedua oleh Rakyat di beberapa Negara Bagian, dan para
Pemilih di setiap Negara Bagian harus memenuhi Persyaratan yang diperlukan
untuk menjadi Pemilih bagi Cabang dari Bagan Legislatif Negara Bagian yang
terbanyak.
Tak seorang pun dapat menjadi Wakil Rakyat bila belum
mencapai umur duapuluh-lima tahun, dan belum tujuh tahun menjadi warga negara
Amerika Serikat, dan, jika terpilih, bukan penduduk Negara Bagian di mana ia
terpilih.
Wakil Rakyat dan Pajak langsung akan dibagi di antara
semua Negara Bagian [yang mungkin dimasukan ke dalam Perserikatan ini,
sesuai dengan jumlah masing-masing, yangakan ditentukan dengan menambahkan pada
seluruh Jumlah Orang bebas, termasuk mereka yang terikat untuk mengabdi selama
jangka waktu Beberapa Tahun, dan tidak termasuk orang Indian yang tidak dikenai
pajak, tiga-perlima dari semua Orang lainnya.] Penghitungan yang
sebenarnya akan dilakukan dalam tiga Tahun sesudah Sidang pertama Kongres
Amerika Serikat, dan dalam setiap Masa sepuluh tahun berikutnya, dengan cara
yang akan ditentukan dengan Undang-Undang. Jumlah Wakil Rakyat tidak boleh
lebih dari satu untuk setiap tigapuluh ribu orang, tetapi setiap Negara Bagian
akan mempunyai paling sedikit satu Wakil Rakyat; dan sampai dilakukannya penghitungan
demikian, Negara Bagian New Hampshire berhak untuk memilih tiga orang,
Massachusetts delapan, Rhode Island dan Providence Plantation satu, Connecticut
lima, New York enam, New Jersey empat, Pennsylvania delapan, Delaware satu,
Maryland enam, Virginia sepuluh, North Carolina lima, South Carolina lima, dan
Georgia tiga.
Apabila terjadi lowongan dalam perwakilan suatu Negara
Bagian, Penguasa Eksekutifnya akan mengeluarkan Perintah Pemilihan untuk
mengisi lowongan demikian.
Dewan Perwakilan Rakyat akan memilih Ketuanya dan
pejabat-pejabat lainnya dan akan mempunyai Kekuasaan tunggal untuk Mengajukan
Dakwaan.[2]
Berdasarkan
dari ayat 2 diatas tersebut juga dapat dilihat bahwa dalam hal ada kekesongan
dalam jabatan legislatif, yakni Senat maupun House Of Representatives maka
Badan Ejsekutif dapat memerintahkan untuk diadakan pemilihan umum.
SENAT
Setiap
negara bagian memiliki dua orang senator untuk mewakili mereka dalam senat,
tidak tergantung dari luasnya daerah dan jumlah penduduk di negara bagian tersebut.
Para senator dipilih melalui pemilu lokal dan memiliki masa jabatan selama 6
tahun. Penggantian senator tidak dilakukan secara serentak. Setiap dua tahun
sekali didakan pemilihan anggota senat, dimana 1/3 (sepertiga) dari anggota
senat habis masa jabatannya dan diganti dengan anggota baru. Dengan demikian,
setiap saat selalu terdapat 2/3 dari anggota senat di tingkat nasional atau
pemerintah federal.
Ayat 3.
Senat Amerika Serikat akan terdiri dari dua Senator
dari setiap Negara Bagian, [yang
dipilih oleh Badan Legislatif Negara Bagian tersebut,] untuk enam tahun; dan masing masing Senator akan memiliki
satu suara.
Segera setelah mereka bersidang Menyusul Pemilihan
pertama, mereka akan dibagi serata mungkin ke dalam tiga Kelas. Kedudukan
Senator kelas satu akan dilowongkan Sehabis Tahun kedua, kelas dua sehabis
tahun keempat, dan kelas tiga sehabis tahun keenam, sehingga sepertiga
jumlahnya dapat dipilih tiap Tahun kedua;[ dan apabila terjadi Lowongan karena Pengunduran diri, atau
sea lin, selama Reses Badan Legislatif Negara Bagian mana pun, Penguasa
Eksekutif Negara Bagian tersebut dapat melakukan pengangkatan sementara sampai
sidang Badan Legislatif berikutnya, yang kemudian akan mengisi Lowongan
tersebut.]
Tak seorang pun dapat menjadi Senator bila elum
mencapai Usia tigapuluh tahun, dan belum sembilan Tahun menjadi warga negara
Amerika Serikat, dan jika, pada waktu dipilih, bukan penduduk Negara Bagian
untuk mana ia dipilih.
Wakil Presiden Amerika Serikat akan menjadi Ketua
Senat, akan tetapi tidak mempunyai Hak Suara, kecuali jika jumlah suara terbagi
sama.
Senat akan memilih pejabat-pejabatnya yang lain, dan
juga Ketua sementara, jika Wakil Presiden tidak ada atau apabila ia harus
menjalankan jabatan Presiden Amerika Serikat.
Senat akan mempunyai Wewenang tunggal untuk mengajukan
semua Dakwaan. Bila sedang bersidang untuk Tujuan tersebut, mereka akan
bertindak di bawah sumpah atau penegasan tugas. Apabila Presiden Amerika
Serikat yang diadili, Hakim Ketua Makamah Agung akan mengetuai sidang; Dan tak
seorang pun akan dinyatakan bersalah tanpa persetujuan dari dua pertiga anggota
yang hadir.
Pengambilan Keputusan dalam erkara Dakwaan Pemecatan
(Impeachment) tidak akan lebih daripada emberhentian dari Jabatan, dan
penghapusan hak untuk memegang dan menikmati Jabatan apa pun yang merupakan
kehormatan, Kepercayaan atau Keuntungan di bawah A.S: namun pihak yang
dinyatakan bersalah bagaimanapun bisa dan mungkin dikenai Dakwaan, Diadili,
mendapat Keputusan hakim dan Hukuman, sesuai dengan Undang-Undang.
Ayat 4.
Ayat 4.
Waktu, Tempat, dan Cara menyelenggarakan Pemilihan
Senator dan Wakil Rakyat akan ditentukan di setiap Negara Bagian oleh badan
Legislatifnya masing-masing; tetapi Konres dapat setiap saat dengan
Undang-Undang membuat atau mengubah peraturan demikian, [ kecuali tentang tempat untuk
memilih Senator.]
Kongres akan bersidang sedikitnya sekali setiap
Tahun, [ dan sidang
demikian akan diselenggarakan pada hari Senin pertama bulan Desember,] kecuali jika dengan
Undang-Undang mereka menentukan hari lain.
Ayat 5.
Masing-masing Kamar akan menjadi
Wasit dalam Pemilihan, Hasil Pemilihan dan Persyaratan bagi para anggotanya
sendiri, dan suatu Mayoritas dalam masing-masing kamar akan merupakan Kuorum
untuk Bekerja; tetapi satu Jumlah yang lebih kecil boleh menunda sidang hari
demi hari, dan dapat diberi wewenang untuk memaksa Kehadiran para anggota yang
absen, dengan Cara-cara, dan dengan Sanksi Hukumn yang mungkin ditentukan oleh
masing-masing Kamar.
Masing-masing Kamar dapat
menentukan Peraturan-Peraturan Acara Kerjanya, menghukum Anggotanya karena
Sikap tidak tertib, dan, dengan Persetujuan dua pertiga jumlah anggotanya,
mengeluarkan seorang Anggota.
Masing-masing Kamar akan membuat
Catatan tentang Acara Kerjanya, dan dari waktu ke waktu menerbitkannya, kecuali
Bagian-Bagian tertentu yang menurut penilaian mereka memerlukan Kerahasiaan;
dan suara Setuju dan Tidak Setuju dari para Anggota masing-masing Kamar
mengenai persoalan apa pun, atas Keinginan seperlima yang hadir; akan
dicantumkn dalam catatan itu.
Masing-masing Kamar, selama masa
sidang Kongres, tanpa Persetujuan kamar lainnya, tidak akan menangguhkan sidang
selama lebih dar tiga ari, atau, pindah ke Tempat lain mana pun selain tempat
sidang kedua Kamar tersebut.
Ayat 6
Para Senator dan Wakil Rakyat
akan menerima Imbalan untuk Pengabdian mereka, yang akan ditentukan dengan
undang-undang, dan dibayarkan dari Kas Negara Amerika Serikat. Dalam segala
Hal, kecuali Pengkhianatan, Kejahatan, dan Pelanggaran Ketentraman, mereka akan
terbebas dari Penangkapan selama Kehadiran mereka dalam Sidang Dewan mereka
masing-masing, dan tatkala berangkat dan kembali dari sana; dan atas Pidato
atau Perdebatan apa pun dalam Kamar masing-masing, merea tidak akn ditanyai di
Temat lain mana pun.
Tak seorang pun Senator dan Wakil Rakyat, selama masa
mereka terpilih, akan diangkat untuk menduduki Jabatan Sipil apa pun di bawah
Kekuasaan Amerika Serikat, yang akan diciptakan, atau Imbalannya akan
ditingkatkan di masa tersebut; dan tak seorang pun yang memegang jabatan apa
saja di bawah hukum Amerika Serikat akan menjadi Anggota salah satu Kamar
selama ia memegang jabatan tersebut.
Dari
ayat 6 alinea kedua dapat diliuhat bahwa senat tidak boleh memiliki atau
menjabat sebagai pejabat sipil Negara. Jadi tidak ada jabatan rangkap
Ayat 7.
Semua Rancangan Undang-Undang untuk meningkatkn
Pendapatan akan berasal dari Dewan Perwakilan Rakyat, akan tetapi Senat boleh
mengusukan atau menyetujui Perubahan-Perubahan, seperti halnya denan Rancangan
Undang-Undang yang lain.
Dari
ayat ini dapat dikatakan bahwa rancangan undang-undang yang berkaitan dengan meningkatkan pendapatan
diajukan oleh DPR tetapi senat boleh mengusulkan atau menyetujui
perubahan-perubahan dari rancangan undang-undang yang diajukan.
Setiap Rancangan Undang-Undang yang harus melalui
Dewan Perwakilan Rakyat dan senat, sebelum menjadi Undang-Undang akan
disampaikan kepada Presiden Amerika Serikat; jika ia setuju, ia akan
menandatanganinya, tetapi jika tidak, ia akan mengembalikannya, disertai dengan
Keberatan-Keberatannya, ke Kamar asal rancangan itu, yang akan mencantumkan
keberatan-keberatan itu seluruhnya ke dalam catatannya, dan kemudian
mempertimbangkannya. Jika setelah dipertimbangkan kembali dua pertiga anggota
Kamar itu setuju untuk meloloskan Rancangan tersebut, rancangan itu akan
disampaikan bersama-sama dengan Keberatan-Keberatannya, ke Kamar lainnya, yang
juga akan mempertimbangkan kembali, dan bilamana disetujui oleh dua pertiga
anggota Kamar ini, rancangan tersebut akan menjadi Undang-Undang . Akan tetapi
dalam semua Kasus demikian hasil suara akan ditentukan dengan kata-kata ya dan
tidak, dan Nama orang-orang yang memberi suara setuju dan suara menolak
rancangan undang-undang tersebut akan dimasukkan ke dalam catatan masing-masing
Kamar. Jika suatu Rancangan Undang-Undang tidak dikembalikan oleh Presiden
dalam waktu sepuluh Hari (kecuali Hari Minggu) setelah disampaikan kepadanya,
rancangan itu akan menjadi Undang-Undang seperti halnya bila ia
menandatanganinya, kecuali jika Kongres dengan penundaan sidangnya mencegah
pengembaliannya, dalam hal mana rancangan itu tidak akan menjadi Undang-Undang.
RANCANGAN
UU
|
House of
represtative dan senat
|
RRU DISAMPAIKAN
KEPADA PRESIDEN
|
Di terima
i terima
|
Di tolak
|
Senat
|
Kembali ke kamar
dari mana RUU itu berasal
|
Apabila salah satu kamar tidak setuju RUU
kembali dari kamar dimana RUU berasal
|
Apabila 2/3 dari
masing-masing kamar setuju RUU disahkan menjadi UU dengan dimuat
pertimabangan penolakan presiden .
|
Setiap Perintah, Resolusi atau Suara yang mungkin
memerlukan persetujuan Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat (kecuali mengenai
penundaan sidang) harus disampaikan kepada Presiden Amerika Serikat; dan
sebelum bisa berlaku, Tindakan tersebut harus disetujuinya, atau bila tidak
disetujuinya, haruslah diloloskan lagi oleh dua pertiga anggota Senat dan Dewan
Perwakilan Rakyat, sesuai dengan Aturan-Aturan dan Pembatasan-Pembatasan yang
ditetapkan dalam hal Rancangan Undang-Undang
Ayat 8
Kongres akan mempunyai Kekuasaan
Untuk mengenakan dan memungut Pajak, Bea, Pungutan, dan Cukai, untuk membayar
Htang dan menyelenggarakan Pertahanan bersama dan Kesejahteraan umum Amerika
Serikat; tetapi semua Pajak, Pungutan, dan Cukai harus seragam di seluruh
Amerika Serikat.
Untuk meminjam Uang atas Kredit
Amerika Serikat;
Untuk mengatur Perdagangan dengan
Bangsa Bangsa asing, dan antara berbagai Negara Bagian, dan dengan suku-suku
Indian;
Untuk membuat Peraturan yang
seragam mengenai Naturalisasi, dan Undang-Undang yang seragam mengenai
Kebangkrutan di seluruh Amerika Serikat;
Untuk mencetak Uang, menentukan
Nilainya, dan nilai Mata uang asing, dan menentukan Standar Berat dan Ukuran;
Untuk menetapkan Hukuman bagi
pemalsuan Surat berharga dan Mata uang Amerika Serikat yang sedang berlaku;
Untuk mendirikan Kantor Pos dan
Jaringan Pos;
Untuk mendorong Kemajuan Ilmu dan
Seni yang berguna, dengan cara menjamin untuk jangka Waktu terbatas bagi para
Pengarang dan Penemu Hak eksklusif atas Tulisan dan Penemuan mereka masing-masing;
Untuk mendirikan
Pengadilan-Pengadilan di bawah Makamah Agung;
Untuk mendefinisi dan menghukum
Pembajakan dan Kejahatan-Kejahatan yang dilakukan di Lautan
bebas, dan Pelanggaran terhadap Hukum Bangsa-Bangsa;
Untuk mengumumkan Perang,
mengeluarkan Surat Sita Jaminan dan Pembalasan, dan membuat Peraturan mengenai
Penangkapan di Darat dan di Laut;
Untuk membentuk dan membiayai
Tentara, tetapi Alokasi Dana untuk keperluan tersebut tidak boleh berlaku untuk
Masa lebih dari Dua Tahun;
Untuk membentuk dan memelihara
sebuah Angkatan Laut;
Untuk mengatur pemanggilan Milisi
untuk melaksanakan Hukum Perserikatan, menindas Pemberontakan dan menangkal
Invasi;
Untuk mengatur pengorganisasian,
persenjataan dan pendisiplinan Milisi, dan pengaturan Sebagian dari mereka yang
dapat diperkerjakan dalam Dinas Amerika Serikat, dengan menyerahkan kepada
masing-maing Negara Bagian, hak Mengangkat para perwiranya, dan Wewenang untuk
melatih Milisi sesuai dengan disiplin yang ditentukan oleh Kongres;
Untuk menjalankan Perundang-undangan
eksklusif dalam Hal apa pun, atas suatu Distrik tertentu (yang tidak lebih dari
sepuluh mil persegi) yang mungkin, melalui Penyerahan oleh Negara-Negara Bagian
tertentu, dan Penerimaan oleh Kongres, menjadi tempat kedudukan Pemerintah
Amerika Serikat, dan untuk melaksanakan Wewenang yang sama atas semua Tempat
yang dibeli dengan Persetujuan Badan Legislatif dari Negara Bagian di mana
tempat-tempat itu akan berada, untuk Pembangunan Benteng, Gudang Peluru, Gudang
Senjata, galangan Kapal, dan Bangunan-Bangunan lain yang diperlukan; - Dan
Untuk membuat segala Undang-Undang yang akan
diperlukan dan pantas untuk menjalankan Pelaksanaan Wewenang-Wewenang yang
tersebut tadi, dan semua Wewenang lainnya yang dilimpahkan oleh Konstitusi ini
kepada Pemerintah Amerika Serikat, atau kepada Departemen atau Pejabatnya
Ayat 9
Pepindahan atau Pemasukan
Orang-Orang yang oleh Negara-Negara Bagian yang ada sekarang dianggap pantas
untuk diizinkan, tidak akan dilarang oleh Kongres sebelum tahun seribu delapan ratus
delapan, tetapi suatu Pajak atau Bea dapat dikenakan Pada Pemasukan demikian,
yang tidak lebih dari sepuluh dolar untuk setiap Orang.
Hak Istimewa atas Dokumen abeas
Corpus tidak akan ditangguhkan, kecuali dalam Kasus Pemberontakan atau Invasi
di mana keamanan umm mungkin mengharuskannya.
Tidak ada Rancangan Undang-Undang
Penghapusan Hak atau Undang-Undang ex post pacto boleh diloloskan.
Tidak ada pajak atau bea akan
dikenakan pada barang-barang yang diekspor dari Negara Bagian mana pun.
Tidak ada Preferensi akan
diberikan oleh Peraturan Perdagangan atau Pendapatan apa pun kepada Pelabuhan
salah satu Negara Bagian di atas Pelabuhan di Negara Bagian mana pun.
Tidak akan ada uang yang ditarik
dari Kas Negara kecuali sebagai konsekuensi Alokas berdasarkan Undang-Undang;
dan satu Keterangan serta Lapoan teratur tentang Penerimaan dan Pengeluaran
seluruh Uang negara akan diteritkan dari waktu ke waktu.
Tidak ada Gelar Kebangsawanan
akan diberikan oleh Amerika Serikat: Dan tidak ada Orang yang memegang Jabatan
yang memberi Keuntungan atau Kepercayaan padanya, akan, tanpa persetujuan
Kongres, menerima hadiah, Imbalan, Jabatan, atau Gelar pa pun dari Raja,
Pangeran, atau Negara asing.
Ayat 10
Tak satu pun Negara Bagian boleh
mengadakan Perjanjian, Persekutuan, atau Konfederasi, mengeluarkan Surat Sita
Jaminan atau Pembalasan, mencetak Uang, menerbitkan Surat Hutang, membuat Apa
pun kecuali Uang emas dan perak sebagai Alat Pembayaran Hutang, meloloskan
Rancangan Undang-Undang Penghapusan hak, Undang-Undang ex post facto, atau
Undang-Undang yang menghalangi Kewajiban Kontrak atau memberikan Gelar
Kebangsawanan apa pun.
Tak satu pun Negara Bagian, tanpa
Persetujuan Kongres, akan mengenakan Pungutan atau Bea apa pun pada Impor atau
Ekspor, kecuali yang mungkin mutlak perlu untuk melaksanakan Undang-Undang
pemeriksaannya, dan Hasil bersih semua Bea dan Pungutan, yang dikenakan oleh
Negara Bagian mana pun pada Impor atau Ekspor, akan diperuntukkan bagi
Penggunaan oleh Kas Negara Amerika Serikat; dan semua Undang-Undang demikian
akan tunduk pada Revisi dan Pengawasan oleh Kongres.
Tak satu pun Negara Bagian, tana
Persetuuan Kongres, akan mengenakan Bea atas Tonase Muatan, memelihara Pasukan,
atau Kapal Perang di masa Damai, mengadakan Persetujuan atau Ikatan apa pun
dengan Negara Bagian lain, atau dengan Negara asing, atau ikut Perang, kecuali
bila benar-benar diserbu, atau dalam bahaya yang demikian Gawat sehingga tidak
dapat ditunda lagi.[3]
Kongres berwenang pula
menghitung jumlah suara dan menetapkan presiden dan wakil presiden berdasarkan
suara terbanyak. Kongres dapat
menentukan Waktu untuk memilih para Pemilih, dan Hari kapan mereka akan
memberikan Suara; Hari tersebut haruslah sama di seluruh A.S.[4]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar